Kamis, 16 Juni 2011

Menolak Solusi..

Kecendrungan yang membuat kita memandang diri sendiri lebih baik daripada rata-rata orang lain menyebabkan kita juga memandang diri sendiri tidak begitu berbeda dari rata-rata orang lain.

Kecendrungan untuk memandang diri lebih baik dari orang lain ini tidak harus menunjukan bahwa ini perwujudan kecendrungan narcisme kita, tetapi bisa saja ini sebuah kecendrungan yang lebih umum untuk memandang diri berbeda dari yang lain terutama lebih baik, tetapi kadang-kadang lebih buruk.
Ketika orang ditanya tentang sifat murah hati, mereka mengaku lebih sering berlaku murah hati daripada kebanyakan orang lain: tetapi, ketika orang ditanya tentang sifat egois, mereka mengaku lebih sering berlaku egois daripada kebanyakan orang lain. Ketika orang ditanya tentang kemampuan mereka melaksanakan pekerjaan-pekerjaan mudah, misalnya mengendarai mobil atau sepeda, mereka mengukur diri lebih baik daripada orang lain, tetapi ketika mereka ditanya tentang kemampuan melaksanakan pekerjaan-pekerjaan sulit, misalnya juggling atau bermain catur, mereka mengukur diri lebih buruk daripada orang lain.
Kita tidak selalu memandang diri superior, tetapi kita hampir selalu memandang diri unik. Bahkan ketika kita mengerjakan sesuatu tepat seperti orang lain, kita cenderung berpikiran bahwa kita mengerjakannya untuk alasan-alasan yang unik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar